Dari Kota Sibuk Menjadi "Kota Hantu"


Kota Gary
INDIANA - Kota Gary di negara bagian Indiana, Amerika Serikat (AS), pernah menjadi pusat penghasil baja terkenal. Selain itu, kota industri yang ramai ini juga memiliki department store dan restoran. Namun kini, wajah kota Gary berubah drastis. Tidak ada lagi keramaian, dan Gary berubah menjadi kota tak berpenghuni alias "kota hantu".

Broadway Shopping Mall  yang terletak di pusat kota, sebelumnya merupakan pusat komersial masyarakat, namun kini hanya berupa bangunan dan trotoar kosong. Kota ini menghadapi masalah tingginya angka pengangguran, kejahatan, dan populasi warganya yang menyusut.

Kota Gary didirikan pada 1906 untuk pekerja United States Steel Corporation. Populasi penduduk mencapai puncaknya hingga 180 ribu orang pada 1960. Namun persaingan produksi baja dengan negara lain menyebabkan pemutusan kerja (PHK) besar-besaran.

Dalam catatan terakhir, penduduk di Kota Gary berjumlah sekira 80 ribu jiwa. Seperti dilansir AOL, Selasa (24/7/2012), kota ini kehilangan sekira 25 persen penduduknya dalam sepuluh tahun terakhir.

Meski baru-baru ini ada usaha untuk menghidupkan kembali Gary, berupa insentif ekonomi bagi perusahaan teknologi, kota ini tetap terlihat suram dan "hancur". Hal ini terlihat dalam foto-foto hasil dokumentasi fotografer Sylvain Margaine yang diambil pada 2006

Comments

Popular posts from this blog

Misteri Wentira (Kota Ghaib)

Misteri Nenek Gayung Dan Kakek Pacul

Kisah 2 Hantu