Rektor Dipecat Karena "SISWA HANTU"


Ilustrasi : CorbisRUSIA – Rektor salah satu universitas paling bergengsi di Rusia, Universitas Pirogov, dipecat karena kedapatan membuat daftar siswa ‘hantu’ untuk mengelabui peraturan baru dalam ujian standar.
Pada Juli lalu, kampus khusus kedokteran ini ketahuan menyetujui 626 calon mahasiswa fiktif, di mana hasil tes masuk dalam kategori bagus. “Akibatnya, sebagian besar calon mahasiswa yang seharusnya menerima subsidi, kehilangan peluang untuk masuk kampus tersebut,” jelas Jaksa Agung Rusia.

Siswa imajiner tersebut membuat kampus ini mempunyai pilihan untuk menentukan calon mahasiswanya, terutama yang berasal dari kalangan berduit. Setelah ketahuan, sang rektor, Nikolai Volodin langsung dipecat oleh Menteri Kesehatan dan Pendidikan Rusia, Tatyana Golikova. Demikian seperti dikutip dari AFP, Senin (22/8/2011).

Sekolah kedokteran bergengsi di Rusia ini dikenal memiliki tes yang sangat sulit, bahkan jika calon mahasiswa ingin masuk secara gratis. Namun, sistemnya juga dikenal sangat korup. Karena itu, Rusia membuat ujian baru yang memberikan kesempatan sama kepada siswa tidak mampu yang tidak bisa menyuap pengawas universitas.

Namun tampaknya, Universitas Pirogov pantang menyerah dan ingin menghindari sistem ujian baru dengan ‘membanjiri’ proses penerimaan awal dengan mahasiswa palsu. Setelah ujian tertulis dilewati, kampus ini dapat mengambil siswa dengan nilai tes yang rendah (namun punya banyak uang) untuk menjadi mahasiswa mereka.

Skandal ini terbongkar setelah seorang programmer asal Moskow, Viktor Simak, menerbitkan temuannya di sebuah blog dan forum internet kampus. Setelah menganalisis daftar calon mahasiswa yang diterima sekolah, dia menemukan, mayoritas dari mereka merupakan "pelamar hantu." Karena meski nilai hasil ujian mereka tinggi dalam ujian bersama, tapi tidak melamar ke sekolah lain.

Comments

Popular posts from this blog

Misteri Wentira (Kota Ghaib)

Misteri Nenek Gayung Dan Kakek Pacul

Kisah 2 Hantu