Guru SD Temukan Hantu Kosmik

detail berita
Ilustrasi Hantu Kosmik

CHICAGO - Hanny van Arkel,seorang guru sekolah dasar di Belanda yang juga ahli astronomi amatir belum lama ini berhasil menemukan apa yang biasa disebut oleh sejumlah orang sebagai 'hantu kosmik'.

Dia menemukan objek misterius itu saat terlibat dalam proyek Galaxy Zoo, sebuah program yang melibatkan anggota masyarakat untuk mengklasifikasi galaksi secara online. Arkel menamai temuannya dengan Hanny?s Voorwerp atau Objek Hanny. Kevin Schawinski, ahli astrofisika dari Yale University yang juga anggota dan wakil pendiri Galaxy Zoo,mengaku kagum dengan temuan Arkel.

Dia mengatakan 'hantu kosmik' merupakan sesuatu yang misterius karena sama sekali tidak berisi bintang. "Awalnya kami tidak mengerti apa itu. Itu mungkin ada di sistem tata surya kita atau di ujung jagat raya," ungkap Kevin Schawinski, ahli astrofisika dari Yale University yang juga anggota dan wakil pendiri Galaxy Zoo.

'Hantu kosmik' berbentuk gumpalan gas raksasa yang memiliki lubang di tengah dan merupakan jenis objek langit baru yang belum dikategorikan. Objek berwarna hijau ini diterangi sisasisa cahaya dari galaksi di dekatnya, IC 2497. Seluruhnya diyakini terdiri atas gas yang amat panas.

Menurut Schawinski, cahaya dari masa lalu masih menerangi objek hantu itu walau quasar (sejenis bintang) yang ada di sana telah padam sejak 100.000 tahun lalu dan lubang hitam galaksi tidak lagi aktif.

"Kami yakin di masa lalu galaksi IC 2497 memiliki quasar yang amat terang," kata Schawinski.

Comments

Popular posts from this blog

Misteri Wentira (Kota Ghaib)

Misteri Nenek Gayung Dan Kakek Pacul

Kisah 2 Hantu